3 Pulau Terluar Pandeglang Perlu Perhatian dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

oleh -
Rapat Koordinasi dengan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) - Foto istimewa

SERANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita menghadiri Rapat Koordinasi dengan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumi, Senin (1/11/2021) di Pendopo Gubernur KP3B.

Salah satu pembahasannya adalah terkait batas wilayah di antaranya pulau terluar yaitu Deli (Kabupaten Pandeglang), Pulau Karang Pabayang dan Pulau Guha Kolak.

Kepala BNPP Robert Simbolon sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah mengatakan, ada tiga konteks yang akan dilakukan dalam pengelolaan pulau terluar yakni Pertahanan Keamanan (Hankam), Ekonomi, dan Lingkungan.

“Dengan adanya penguatan tiga itu tentu mempertegas kepemilikan atas pulau terluar,” ungkapnya melalui keterangannya.

Terkait, Ekonomi dalam pengembangan masyarakat yang berada diwilayah pulau dan keterkaitan dengan hutan konservasi juga akan dilakukan pembahasan.

“Sekarang kita sedang merumuskan, merancang tata ruang kawasan batas terluar dengan praturan presiden diantaranya yang berbatasan dengan laut lepas salah satunya di Provinsi Banten,” terangnya.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan kunjungan bersama beberapa kementerian terkait, kita akan mengidentifikasi sarana dan prasarana baik Deli, Pulau Karang Pabayang dan Pulau Guha Kolak,” pungkasnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang akan dilakukan, karena kata Irna ini salah satu upaya menyelamatkan aset bangsa.

“Jika sudah clear melalui cros cek on the spot, pulau tersebut juga jangka panjangnya bisa menjadi Deli Island, sehingga bisa jadi potensi peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Irna.

Disampaikan Irna, luas wilayah pulau Deli kurang lebih 950 hektare, itupun kata Irna berdasarkan data yang didapat dari beberapa konten kreator yang upload data ke google.

“Memang banyak konten kreator yang sudah datang kesana hanya sekadar melakukan vlog untuk explore keindahan pulau, dengan adanya waktu yang dijadwalkan kesana tentu itu sangat tepat sekali,” imbuhnya.

“Kapan waktunya untuk melakukan kunjungan, kami siap mendampingi dengan membawa beberapa tim teknis yang akan menjadi pemandu di lapangan,” katanya.

Source: https://www.bantennews.co.id/